Kamis, 19 Juli 2012

Tips Memilih Komponen PC

Dalam merakit sebuah komputer, kejelian dan ketelitian dalam memilih komponen adalah faktor yang sangat penting. Sama halnya seperti kita membeli sebuah PC, Kita harus tahu betul spesifikasi perangkat keras yang ada di dalamnya.Begitu besarkah pengaruh hardware atas performa PC anda ? Berikut ini adalah pemaparan mengenai spesifikasi beberapa komponen dasar komputer, juga tips memilih komponen PC agar tercipta hasil yang maksimal dan kinerja yang optimal.

hardware, PC, perangkat keras, komponen PC, harddisk, motherboard, mainboard, RAM, HDD, DDR, processor, komputer, komponen komputer, merakit komputer, tips memilih hardware, memilih komponen PC, computer
Motherboard
Chipset keluaran terbaru bukan jaminan kualitasnya diatas chipset keluaran lama, Meskipun chipset yang ditanam pada motherboard dewasa ini ditambahi dengan berbagai teknologi yang mencakup berbagai hal seperti tambahan menu setting, update BIOS, support 64-bit, dukungan processor terbaru dan lain-lain. Hal yang sangat wajar bila kian hari terdapat perkembangan dan penambahan kemampuan pada sebuah hardware mengingat perlu ada penyempurnaan dalam sebuah penemuan. Sebaiknya jangan terburu-buru untuk memutuskan bahwa motherboard dengan chipset keluaran terbaru akan lebih baik dibanding dengan keluaran yang lama.
Processor
Clock Speed yang dicantumkan pada processor AMD dan Intel merupakan penjelasan atas seberapa hebat processor tersebut bekerja. Pada dasarnya, kemampuan sebuah processor tidaklah melulu pada besarnya clock speed yang dimiliki, namun nomor model juga ikut berpengaruh pada kemampuan processor tersebut. Intel menciptakan clock speed yang tinggi dengan memperbanyak pipeline dan SSE ( Streaming SIMD Extensions ) pada processornya sehingga kita dapat membuka beberapa aplikasi sekaligus dengan kecepatan yang cukup tinggi. Sedangkan AMD beranggapan bahwa clock lebih kecil akan lebih efisien, maka mereka menciptakan processor dengan memperbesar jumlah MIPS ( Million Instruction Per Second ) sehingga proses menjalankan suatu aplikasi menjadi lebih cepat. Tapi, selain itu kecepatan dalam membuka aplikasi juga dipengaruhi oleh Sistem Operasi, CPU usage tiap aplikasi dan lain-lain. Yang terpenting, apapun processor anda, pastikan dulu motherboard anda mendukung proccessor yang akan anda gunakan.
RAM
Sama halnya dengan memilih motherboard atau chipset, pada RAM juga berlaku aturan yang sama, DDR terbaru belum tentu lebih "kenceng". Penggunaan teknologi dan komponen yang baru pada DDR-RAM mampu membuat PC anda berlari sangat kencang hingga mencapai kecepatan yang tidak pernah anda bayangkan sebelumnya. Kelebihan RAM DDR terbaru yaitu pada pemakaian daya yang lebih kecil dari versi yang sebelumnya, sehingga pemakaiannya lebih dingin. Sebaiknya kenali dulu spesifikasi mainboard dan processor yang anda gunakan, jangan sampai salah dalam menggunakan jenis DDR pada mainboard. Sesuaikan FSB processor dengan FSB RAM yang akan digunakan, jika tidak cocok malah akan membuat kinerja komputer menjadi menurun.
Sebagian besar belum mengenal betul apa itu harddisk secara mendetail, biasanya hanya mengenal ukuran ( space ) serta mereknya saja, tapi tidak memperhatikan hal-hal lain seperti Speed ( kecepatan putar ), buffer memory, koneksi PATA atau SATA, hal ini perlu diketahui sebelum memilih dan menggunakan suatu harddisk. Apabila mainboard yang anda gunakan sudah mendukung SATA lebih diutamakan memakai HDD SATA daripada PATA karena kecepatan transfer HDD SATA lebih kenceng dan kabel yang digunakan lebih kecil sehingga airflow dalam chasing PC tidak terganggu dan kapasitasnya bisa mencapai TB sedang PATA tidak mencapai TB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar